SOKOGURU - Platform pesan instan milik Meta, bertransformasi lebih dari sekadar aplikasi berkirim pesan secara digital. WhatsApp kini bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online yang sangat penting untuk perkembangan usaha.
Berbagai fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis, menjadi WhatsApp Business sebagai jembatan interaksi langsung dengan konsumen.
Sebagai sarana efektif untuk meningkatkan visibilitas mereka (brand awareness), yang pada akhirnya menjadi peluang emas untuk meningkatkan omzet penjualan.
Simak cara memanfaatkan WhatsApp Business untuk pemasaran usaha Anda.
1. Maksimalkan Profil Bisnis
Profil bisnis di WhatsApp Business merupakan representasi identitas usaha secara digital, seperti halnya etalase toko fisik.
Profil yang tertata rapi dan informatif, akan memberikan kesan profesional dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.
Elemen penting wajib ada di profil WhatsApp Business.
- Nama usaha yang jelas
- Alamat lengkap toko fisik untuk menerima kunjungan pelanggan
- Jam operasional yang pasti
- Deskripsi singkat produk atau jasa
- Kontak yang aktif, baik email atau nomor HP
- Tautan media sosial maupun website (jika ada).
2. Pamerkan Produk dengan Fitur Katalog Menarik
Fitur katalog adalah etalase digital yang memungkinkan Anda menampilkan produk atau jasa secara visual di dalam aplikasi WhatsApp Business.
Setiap item dalam katalog tersebut, dapat dilengkapi dengan foto berkualitas tinggi, deskripsi secara detail, lengkap dengan harga dan kode produknya.
Baca Juga:
3. Tingkatkan Layanan Pelanggan
WhatsApp Business menyediakan fitur pesan otomatis yang esensial untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, yakni Away Message (pesan di luar jam kerja), dan Greeting Message (pesan sambutan).
Fitur ini memungkinkan pelaku usaha merespons pelanggan secara cepat dan instan. Bahkan, ketika Anda sedang tidak aktif.
4. Bangun Komunitas Pelanggan Via Grup
Membangun komunitas yang kuat dengan pelanggan merupakan fondasi kesuksesan untuk jangka panjang.
Satu di antara cara efektif untuk melakukannya adalah dengan membuat Grup WhatsApp khusus untuk pelanggan.
Grup ini berfungsi sebagai wadah interaksi, berbagai informasi eksklusif, dan membangun loyalitas konsumen dalam komunitas.
5. Kelola Kontak Pelanggan dengan Efisien
Fitur label di WhatsApp Business memungkinkan pelaku usaha untuk mengkategorikan, dan mengelola kontak pelanggan dengan lebih terstruktur.
Anda dapat membuat label khusus berdasarkan status pelanggan, baik yang baru, setia ataupun prospek. Kemudian, tahapan pesanan mulai dari belum bayar, diproses hingga selesai atau kategori produk yang diminati.
6. Kirim Pesan Siaran Tepat Sasaran
Broadcast Message merupakan fitur untuk mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa perlu membuat grup.
Setiap penerima akan mendapat pesan tersebut secara personal tanpa mengetahui jika pesan yang sama dikirimkan ke orang lain.
7. Integrasikan WhatsApp Business dengan Platform Lain
Menghubungkan akun WhatsApp Business Anda dengan platform media sosial lain, seperti Facebook, dan Instagram akan mempermudah calon pelanggan menghubungi secara langsung.
Integrasi ini dapat menciptakan alur komunikasi yang lebih lancar dan efisien dengan konsumen.